Mari Belajar PPKn

Rangkuman Pembelajaran Umum PPKn

Pengembangan Aplikasi TTS sebagai Media Game Pembelajaran PPKn

Sumber : https://www.matrapendidikan.com

PPKn adalah salah mata pelajaran yang ada di setiap jenjang pendidikan, baik di tingkat dasar dan menengah. Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam menanamkan nilai - nilai budi pekerti dan kebangsaan. Namun dalam kenyataan yang dihadapi di lapangan, urgensi dari keberadaan mata pelajaran ini tak setara dengan apresiasi yang diberikan oleh siswa.
Akan tetapi, kita tidak bisa menyalahkan kenapa siswa kurang memberikan apresiasi terhadap mata pelajaran ini. Jika kita coba menyadari diri sebagai guru PPKn, mungkin ada yang salah dengan apa yang kita sampaikan, bagaimana cara kita menyampaikan mata pelajaran, dan persoalan lainnya.
Penyampaian mata pelajaran PPKn terkesan dengan metode ceramah dan kurangnya media pembelajaran. Inilah salah satu yang menyebabkan siswa kurang memberikan apresiasi terhadap kegiatan belajar PPKn. Maka dari itu, perlu adanya kreatifitas dalam menggunakan atau mengembangkan media belajar yang sudah ada.
TTS atau teka teki silang adalah sarana yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk mengisi waktu luang, menguji wawasan pengetahuan, bahkan hadiah jika bisa mengisi dengan benar semua kolom yang ada di TTS. Sarana ini bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran, dengan mengembangkan konsep yang sesuai dengan mata pelajaran PPKn.
Dalam pembuatannya, TTS pada jaman dulu memang memerlukan kemampuan yang mahir untuk mengelola kata dan kolomnya. Namun jaman sekarang kita bisa menggunakan aplikasi yang sudah ada untuk membuat TTSnya. Banyak di dunia internet yang menyediakan aplikasi pembuatan TTS. Jadi tidak ada alasan lagi untuk mengatakan susah dalam membuat media pembelajaran, khususnya PPKn.
Berikut adalah contoh pengembangan aplikasi TTS sebagai media game pembelajaran PPKn. Silahkan klik link berikut : http://www.mulaisajamenulis.com/p/game-tts.html
Semoga bermanfaat ya.
Share this article :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengembangan Aplikasi TTS sebagai Media Game Pembelajaran PPKn"